Persahabatan dan persaudaraan

Salam kenal... Jalinlah persahatan dan persaudaraan untuk meningkatkan taraf hidup di dunia dan akhirat. Salam perjuangan dan selamat berjuang... tetap semangat dan pantang menyerah

Sabtu, 30 Juli 2011

BERAS HITAM 1

SEKILAS PANDANG BERAS HITAM
By. Tunas Makmur Kab. Malang

     Pernahkah anda mendengar beras hitam ??... Bagi orang tertentu yang baru pertama kali mendengar, pastilah tertawa karena dibenaknya yang ada hanyalah ketan hitam bukan beras hitam. Namun bagi orang yang sudah cukup umur, pasti tahu adanya beras hitam. Memang benar, beras hitam pada zaman nenek moyang benar-benar ada.
     Mengapa sebagian orang tidak mengetahui adanya beras hitam ??... Karena beras hitam pada zaman dahulu dikhususkan untuk keluarga keraton sebagai makanan pokok dan acara ritual, selain keluarga keraton tidak boleh memakannya. Bahkan orang Cina Kuno telah mengenal beras hitam sebagai beras terlarang (forbidden rice) bagi sembarang orang dan khusus kalangan istana karena kaya nutrisi, dan memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Pada saat ini di Cina, beras hitam berfungsi sebagai obat dan bahan pangan.
     Mengapa beras hitam hampir punah dan sangat langka keberadaannya ??... Karena tidak adanya upaya pelestarian dari petani pada zaman dahulu yang konon hanya ditunjuk sebagai petani istimewa yang menanam beras hitam khusus untuk keraton, disamping umur tanam beras hitam relatif panjang dibanding beras pada umumnya, juga rendahnya produksi, dan sangat disukai oleh burung sehingga penanaman secara masal agak sulit dilakukan.
     Apa saja nama lain dari beras hitam ??... Beras hitam memiliki nama yang berbeda-beda tergantung di mana beras hitam tersebut berada. Beras hitam yang ada di Solo dikenal dengan nama “beras Wulung”, di kawasan Cibeusi, Subang, Jawa Barat, bernama “beras gadog”, di Sleman bernama “Cempo Ireng” dan “beras Jlitheng”, di Bantul bernama “beras Melik”.
     Produk makanan dan minuman dari kacang hitam, wijen hitam, dan beras hitam menjadi popular di Korea. Beras hitam menjadi bagian penting dalam pemeliharaan kesehatan karena kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

SPESIFIKASI BERAS HITAM
By. Tunas Makmur Kab. Malang

      Beras hitam memiliki nilai gizi tinggi dan khasiat yang lebih baik dibanding beras merah dan putih. Pangan yang belum sepopuler beras putih ini berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, memperbaiki kerusakan sel hati, mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker/tumor, memperlambat penuaan, sebagai antioksidan, membersihkan kolestrol dalam darah, dan mencegah anemia.
      Beras hitam merupakan varietas lokal yang mengandung pigmen paling baik, berbeda dengan beras lain, memiliki rasa dan aroma yang khas dengan penampilan yang spesifik dan unik.
Warna beras diatur oleh genetik, dan dapat berbeda akibat perbedaan gen yang mengatur warna aleuron, endospermia, dan komposisi pati pada endospermia. Beras putih agak transparan hanya memiliki sedikit eleuron dan mengandung amilosa sekitar 20% sedangkan pada beras hitam, aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intesitas tinggi sehingga warna beras menjadi ungu pekat mendekati hitam.
      Beras hitam mengandung sedikit protein, namun kandungan besinya tinggi yaitu 15,52 ppm, jauh lebih tinggi disbanding beras varietas IR64, Ciherang, Cisadane, Sintanur, Pandanwangi, dan Batang Gadis yang kandungan besinya berkisar antara 2,9-4,4 ppm. Zat besi dibutuhkan tubuh dalam pembentukan sel darah merah. Pengkayaan zat besi pada beras untuk mengatasi anemia yang dewasa ini digalakkan tampaknya perlu mulai berpaling pada beras hitam atau beras merah.
     TEMPO Interaktif, Baton Rouge-Blueberry dan Blackberry, dua buah yang terkenal memiliki kadar antioksidan tinggi, kini mendapat pesaing yang jauh lebih murah, yaitu beras hitam. Dalam pertemuan American Chemical Society (ACS) ke-240, para ilmuwan melaporkan khasiat beras hitam, salah satu varietas “Beras Terlarang” di masa kekaisaran Cina karena para bangsawan memerintahkan agar setiap butir beras itu diserahkan kepada mereka dan melarang rakyat memakannya.

TUNAS MAKMUR
Jl. Kauman II/11 RT. 15/03 Ngebruk Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang
Menyediakan : 
- Pupuk Pertanian Organik 35 Fermentasi Plus "Granule" dan "Serbuk"
- Beras Hitam dan Bubuk Beras Hitam
- Urine Kelinci
Silahkan hubungi kami : via call/sms (081555961758, an. A. Muhaimin)
- email (ar.moha58@ gmail.com)
- email (ar.muhaimin58@yahoo.co.id)
- YM ( alfa_ chemy) .
Ingin lebih jelas lagi secara detail kunjungi di : 
- http://rencanakerjausaha.blogspot.com/
- http://agromaret.com/29584/tunas_makmur




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar